Friday, November 11, 2011

     JSP merupakan perluasan dari  teknologi servlet. Tujuan dari JSP adalah untuk lebih menyederhanakan penulisan servlet. JSP sebelum dijalankan oleh server, akan dikompilasi terlebih dahulu menjadi servlet, meskipun proses ini tidak terlihat oleh kita.
     JSP dan servlet dapat dipakai bersama-sama dalam sebuah aplikasi web. Perbedaan utama antara servlet dan JSP adalah, untuk servlet layer aplikasi tidak sepenuhnya terpisah dari layer presentasi, dimana logika aplikasi atau logika bisnis berada di dalam file program Java. Sedangkan presentasi diletakkan dalam output berupa content yang dihasilkan juga oleh servlet.
     JSP sendiri lebih menitikberatkan pada aspek presentasi ketimbang aspek aplikasi. Untuk JSP, kode Java dan HTML digabungkan dalam satu file, yaitu file dengan ekstensi *.jsp. Dalam JSP, layer presentasi boleh dikatakan terpisah dari logika aplikasi atau logika bisnis. Bahkan dalam perkembangannya sekarang JSP dapat saja tidak mengandung kode Java sama sekali.  Beberapa logika pemrograman Java dapat digantikan oleh tag library. Misalnya JSTL (Java Server Page Standar Tag Libray) dapat mengenali beberapa logika
pemrograman seperti loop dan kondisional.

semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts