Wednesday, November 16, 2011

Setiap kali kita akan mengolah data pada database pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuat mengkoneksikannya, di dalam koneksi tersebut terdapat alamat ip server database dan port yang digunakan pada sebuah database, selain itu untuk bisa terkoneksi ke database kita harus memasukkan username dan password yang sebelumnya telah setting pada program DBMS tersebut, begitu juga jika kita ingin membuat program ( PHP ) yang terkoneksi ke database sebagai program ( media ) penyimpanan datanya, kali ini saya akan share kepada sahabat blogger yang masih kesulitan membuat koneksi php dengan mysqlserver. 

Pertama tama kita harus membuat database dengan cara masuk ke Start menu – klik Mysql Command Line Client lalu masukkan password dan ketikkan perintah berikut ini.


Nama database yang dibuat adalah "contoh". Jika perintah yang kamu masukkan berhasil di proses, akan keluar pesan
 “Query OK, 1 row affected ( 0,04 sec )  Setelah itu kita buat koneksi.php nya .

Buka Program editor anda, disini saya menggunakan dreamweaver CS5. dan ketikkan perintah dibawah ini. 
Koneksi.php


pertama kali yang kita buat variable dulu beserta valuenya, penulisan variable di php harus diawali dengan lambang "$" atau dollar. Contoh pada "$host="localhost:3309";  $host adalah nama variable yang mewakili alamat ip server dan port yang digunakan pada database "localhost:3309";
     Selanjutnya kita menginisialisasikan variable untuk "username, password, dan nama database yang akan kita koneksikan". Pada variable "$konek" diatas adalah query php untuk koneksi ke database dengan memasukkan variable yang kita inisialisasikan sebelumnya yaitu, username, password, dan nama database.
Agar program memberitahu kita jika terjadi error, kita masukkan perintah "or die ("pesan error");" atau jika kita ingin pesan error langsung dari program MySQL kita ketikkan perintah "or die (mysql_error());"

Untuk mengetahui program berhasil terkoneksi kita bisa menambahkan perintah " echo "program berhasil terkoneksi"; " pada sintag php bagian paling bawah variable "$selek";


Jalankan dengan menekan “F12”. hasil program berhasil terkoneksi seperti dibawah ini.


sangat mudah bukan, sekian dulu semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts