Wednesday, November 16, 2011

      Pada kesempatan kali ini saya akan share kepada teman semua tentang membuat program sederhana menggunakan JSP. Jika kita belajar sesuatu pastinya kita belajar mulai dari yang paling mudah bukan, tidak mungkin kita langsung belajar ke hal yang paling sulit nah pada artikel kali ini saya akan mencontohkan membuat program JSP yang paling mudah dulu, pada artikel saya selanjutnya akan saya tulisakan contoh – contoh program JSP yang kesulitannya lebih tinggi agar bisa buat bahan belajar bagi teman – teman yang sedang baru belajar bahasa pemrogramman JSP. Ketika kita menuliskan sintax JSP ada syarat yang harus  taati terlebih dahulu yaitu penulisan tanda atau simbol yang menandakan code itu adalah code JSP contoh  sebagai berikut :

<% ... %> // digunakan untuk penulisan java code.

<%@  ...  %> //digunakan pada penulisan Page Directive, Include Directive, Tag Lib Directive:

1. Page Directive :
Menggambarkan Proses informasi untuk sebuah page. Jadi dengan ini kita bisa mengimport class, costumize superclass servlet .

2. Include Directive
Include directive menggambarkan file – file yang harus dimasukkan pada halaman, jadi kita bisa memasukkan file ke dalam class servlet ( untuk memasukkan isi dari sebuah file yang berada didalam file lain ) selama translation time. Biasanya include file digunakan untuk nafigasi, table, header, footer, dll .

3. Tag Lib Directive
sebuah tag library merupakan kumpulan dari costum tag. Taglib directive menggambarkan bagaimana tag library digunakan pada sebuah halaman .

oke setelah kita mengetahui syarat penulisan JSP diatas, langsung saja kita tuliskan kode dibawah ini, oiya pada contoh kali ini saya menggunakan sebuah tool editor untuk mempermudah proses pekerjaan kita, tools ini tidak asing lagi bagi kita yaitu Netbeans.
Ketikkan kode dibawah ini di project kamu di netbeans, sebelumnya buat project dulu new project – java web – web aplication, buat file baru klik kanan - new  - JAS

<HTML>
    <TITLE>Selamat Datang</TITLE>
    <BODY>
         <H1> Greetings!</H1> <br>
         Ini contoh saja yaaa ...!!. <br>
         Waktu hari ini <%= new java.util.Date()%>
    </BODY>
</HTML>

Pada file JSP diatas sebagian besar adalah HTML, Pada sintax yang saya beri warna merah adalah sintax JSP , dapat diketahui karena terdapat tanda <% .. %> , pada sintax ( = new java.util.Date() ) tersebut adalah code java yang digunakan untuk menampilkan hari, tanggal pada saat itu juga. 

Nah untuk mengecek apakah program kita berhasil dan bisa dijalankan klik kanan – run file atau tekan tombol shift + F6 . karena di Netbeans terbaru sudah terdapat web server didalamnya untuk mengeksekusi file JSP kita ( GlassFish ), maka program kita bisa langsung dijalankan .

Lihat hasil coding kita tadi .


Sangat mudah bukan, seperti kita membuat program java sederhana .

Terimakasih semoga bermanfaat...!!


1 comment:

Propellerads

Popular Posts