Wednesday, November 16, 2011

     Pertama buat project baru kamu di netbeans, buat class.JSP baru dengan cara klik kanan pada folder kamu – new – JSP, setelah project + class JSP berhasil dibuat masukkan driver konektor ke dalam libraries pada project kita di netbeans ( karena netbeans saya masih versi lama, jadi harus memasukkan library konektor dahulu, buat yang sudah pakai netbeans versi terbaru tidak usah memasukkan library konektor karena sudah ada di dalamnya ) , caranya klik kanan pada folder libraries – pilih ADD Jar / Folder.. masuk ke directory tempat library konektor yang kamu simpan dan open ) jika belum punya library konektor bisa kalian download disini .


Pada pembuatan class koneksi , kita bisa menghapus file HTML karena saya rasa tidak diperlukan . Pertama masukkan  <%@ page import=”java.sql.*” %> dengan code tersebut akan otomatis mengimport class yang dibutuhkan tanpa harus mengimport class satu per satu , karena kita sudah menuliskan “*” pada program yang berarti mewakili semua class.

Masukkan localhost , port yang digunakan pada database , juga nama database yang akan dikoneksikan, saya masukkan di dalam variable koneksi. Username = root yang saya masukkan pada varible user, password untuk mengakses database =”123456” saya masukkan di dalam varible pass.
Setalah itu koneksikan dengan memasukkan ketiga varible tersebut ke dalam :

Connection con =DriverManager.GetConnection( koneksi, user,pass);

Masukkan “out.print(“berhasil terkoneksi”):” untuk memberi pesan jika koneksi berhasil, dan masukkan trycatch pada program untuk error handling, agar program langsung memberi pesan error jika koneksi gagal atau terjadi error .
jika kita menggunakan penanganan error dengan try - catch seperti script diatas maka tampilan error seperti gambar dibawah ini :


Jika kita menggunakan application server untuk penanganan error , akan tampil seperti gambar dibawah ini :


Jika koneksi kita berhasil . pesan pada “out.print (“koneksi berhasil”)” akan tampil.


Itu tadi cara salah satu cara mengkoneksikan JSP ke Database MySQL .

salam , semoga bermanfaat ...

0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts