Friday, November 11, 2011

Pada artikel kali ini saya akan berbagi kepada kalian semua tentang Pencarian pada array di Java. Tetapi sebelunya kalian harus tahu telebih dahulu tentang apa itu array ?
Array adalah suatu kemampuan untuk menyimpan beberapa data ( yang mempunyai type data yang sama ) dalam satu variable . data yang telah dimasukkan di dalam array akan tersimpan di index array menurut urutannya . untuk melihat urutan index pada data yang telah kita simpan di dalam array caranya, kita harus menghitung dari data dari yang paling depan dimulai dengan index 0 ( nol ).

Contoh : saya mempunyai array seperti di bawah ini :
String nama[]={"okin","bocah","bagus",dewe"};

Cara menghitung urutan index, dimulai dengan index 0 ("okin"), index 1 ("bocah"), index 2("bagus"), index 3 (" dewe"); jadi, dewe terdapat pada urutan index ke -3;

nah kali ini saya akan mencontohkan program saya untuk mencari urutan index pada data yang kita cari .
ketik source code dibawah ini :


Pada coding diatas akan saya jelaskan : 
Pada program diatas saya menginisialisasikan varible angka bertype integer, variable ini saya gunakan untuk menandai pada proses if – else nantinya, atau anda juga bisa menggunakan boolean, tergantung algoritma anda .

Pertama kita load value pada array nama, menggunakan for setelah itu untuk mencari nama pada array kita gunakan :

if(nama[i].equals(cnama)){ 
System out.Println ( “nama yang dicari ada !!, di index ke” + i);
}else{
}

pada bagian else saya kosongi .
 // jika value dari array nama, sama dengan value cnama ( nama yang dicari ) program akan menampilkan pesan ("nama yang dicari ada !!, di index ke "+i );  dan value angka berubah menjadi 1.
 ' i ' disini adalah nomer urutan index hasil pencarian . setelah melalui proses ( .equals ) .
di bagian bawah for saya tambah method if – else .

if(angka ==1){
}else{
System out.Println ( "nama yang dicari tidak ada ");
}

// ( variable angka pada awal program saya beri value 0, angka akan berganti menjadi 1 jika pada proses ( .equals ) berhasil . jika tidak value tetap 0 )
kenapa proses if – else pada bagian dalam for tidak saya isi dengan pesan error. ?
jawabannya : karena jika saya beri pesan pada bagian else, program akan menampilkan pesan berulang – ulang seperti gambar dibawah ini .


 Jika Program berhasil menemukan nama yang dicari, maka program akan mengampilkan pesan,

'nama yang dicari ada !!, di index ke 3 '

BUILD SUCCESSFUL (total time: *  secound );

sekian ...semoga bermanfaat...!!

1 comment:

Propellerads

Popular Posts