Wednesday, November 16, 2011

Postingan ini saya akan share tentang dasar program java, saya akan menulisakan code program java yang akan mendapatkan inputan dari keyboard. Disini saya akan mancontohkan dua cara mendapatkan input, yang pertama menggunakan BufferedReader, dan yang kedua dua menggunakan JoptionPane yang berbentuk GUI ( Graphict user Interface ).

   1. Menggunakan BufferedReader

Kita akan menggunakan class BufferedReader yang ada dalam package java.io untuk mendapatkan input dari keyboard .

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;

public class GetInputFromKeyboard
{
  public static void main( String[] args ){
    
    BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new 
      InputStreamReader( System.in) );

    String nama = "";  

    System.out.print(" masukkan namamu : ”);
    
    try{
      nama = dataIn.readLine();
       }catch( IOException e ){
      System.out.println("Error!");
      }

    System.out.println("Hay  " + nama +"!");
  }  
}

Penjelasan kode diatas :
Kita menggunakan atau memanggil class BufferedReader; InputStreamReader; dan IOException;
Dari package java.io .

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );

Pada code diatas kita mendeklarasikan variable “ dataIn “ yang bertipe class Bufferedreader, jadi variable ini yang akan digunakan untuk mengambil input dari keyboard nanti .
Selanjutnya kita mendeklarasikan variable String dengan identifier nama.

String nama = "";  

Variable ini nanti yang digunakan untuk menyimpan hasil input dari keyboard nanti.

System.out.print(" masukkan namamu : ”);

Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menyuruh mengimputkan nama

    try{
      nama = dataIn.readLine();
       }catch( IOException e ){
      System.out.println("Error!");
      } 

Lalu kita pasangkan penanganan error menggunakan try – catch, jika terjadi error maka program akan menampilkan pesan Error!, sesuai pesan yang telah dipasang pada try – catch diatas.

nama = dataIn.readLine();

method  diatas  memanggil  dataIn.readLine(),  mendapatkan  input  dari  user  dan memberikan  sebuah nilai String. Nilai  ini  akan disimpan  ke dalam  variabel  nama, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,

2   2. Menggunakan JoptionPane

Pada JoptionPane kita hanya memanggil class JoptionPane saja dari package javax.swing , lihat koda berikut :

import javax.swing.JOptionPane;

public class GetInputFromKeyboard
{
  public static void main( String[] args ){
    String nama = "";
    nama = JoptionPane.showInputDialog("Masukkan nama kamu ?");
    
    String msg = "Hello " + nama + "!";    
    JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
  }  
}

Penjelasan code diatas :

Hampir sama dengan penjelasan diatas ( BufferedReader ), pada code

nama = JoptionPane.showInputDialog("Masukkan nama kamu ?");

program akan menampilkan Dialog berbentuk GUI yang berisi kalimat “ Masukkan nama kamu ? “ seperti gambar dibawah ini .


Masukkan nama kamu dan klik ok, maka nama yang kamu inputkan tadi akan tersimpan ke dalam variable nama.

Selanjutnya :

String msg = "Hello " + nama + "!";    

Membuat variable baru type data String namanya diberi nama msg, yang valuenya terdapat kata Hello + ( variable nama yang sudah menyimpan inputan dari keyboard tadi ), selanjutnya isi dari varible msg tadi, kita tampilkan menggunakan JOPtionPane 

JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);

hasilnya :


Semoga bermanfaat !!!

1 comment:

Propellerads

Popular Posts