Wednesday, November 16, 2011

        Pada postingan saya kali ini akan mempelajari tentang Struktur kontrol, dimana kita dapat mengubah cara eksekusi pada pernyataan yang dibuat oleh program kita. Nah kali ini kita akan mempelajari Struktur kontrol pemilihan menggunakan statement ( if else ).

Struktur   kontrol  pemilihan adalah  pernyataan dari   Java  yang  mengijinkan  user  untuk memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain.

Statement if
Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan eksekusi jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar(true). Contoh penggunakan pernyataan – if.

int grade = 68;
if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!");

pada coding diatas hanya mempunyai satu syarat,  jika memenuhi syarat ( true ) maka program akan dieksekusi .

Statement if - else
Pernyataan  if-else  digunakan  apabila  kita  ingin  mengeksekusi  beberapa  pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi false.
Contoh penggunaan pernyataan – if else .

int grade = 68;
if( grade > 60 ){
System.out.println("Congratulations!");
System.out.println("You passed!");
} else{
System.out.println("Sorry you failed");
}

Pada code diatas, sintax if digunakan untuk mengecek apakah file yang diproses memenuhi syarat ( true ), jika tidak /false maka proses akan dilempar ke “else“  .

Statement if else if
Pernyataan  pada  bagian  kondisi   else  dari  blok   if-else  dapat  menjadi  struktur   if-else  yang   lain.  Kondisi  struktur    seperti    ini   mengijinkan    kita   untuk   membuat    seleksi  persyaratan  yang  lebih kompleks.
anda dapat memiliki banyak blok else-if sesudah pernyataan if. Blok else bersifat  opsional  dan  dapat  dihilangkan.  Pada  contoh  yang  ditampilkan  di  atas,  jika boolean_expression1  bernilai  true,  maka  program  akan  mengeksekusi  statement1  dan melewati    pernyataan    yang    lain.    Jika    boolean_expression2    bernilai    true,    maka  program akan mengeksekusi statement2 dan melewati statement3.
Berikut ini contoh code statement if-else-if pada program grade nilai.

int grade = 68;
if( grade > 90 ){
System.out.println("Very good!");
}
else if( grade > 60 ){
System.out.println("good!");
}
else{
System.out.println("Sorry you failed");
}

Seemoga bermanfaat ..!

0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts