Saturday, July 16, 2016

Netbeans adalah salah satu IDE yang sangat populer dan banyak di gunakan oleh Developer di seluruh dunia. Sampai sekarang netbeans terus meluncurkan versi – versi terbarunya, dengan tambah – tambahan vitur dan perbaikan berbagai Bug – bug yang telah di temukan.

Ada salah satu kekurangan atau mungkin bisa dibilang Bug yang sering saya temui, di sini saya menggunakan netbans 9.4. mungkin bukan saya saja yang mengalami hal ini, karena saat saya masuk ke forum – forum netbeans lainnya. Bayak yang mengalami nasib sama. 

Pernahkan kamu mengalami kendala saat ingin menajalankan project kamu, tetapi tombol “Run”,”Run Project”, “Build”,atau ”Clean and Build” ter-Disable. Kadang ini terjadi saat pertama kita mengimport project ke netbeans, kadang setelah kita clean atau build project, atau saat kita mengimport. hapus atau re-import library ke dalam project.

Disini Saya hanya ingin menunjukkan beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Ada banyak cara. Kalian bisa coba satu persatu dari cara berikut.

- Cara pertama, coba kamu restart netbans kamu, karena bisa jadi saat menjalankan netbeans, ada file yang gagal di load atau miss.

- Cara ke dua. Close project kamu, dan open/ atau import kembali, atau kalian bisa restart terlebih dahulu sebelum membuat kembali project kamu.

- Jika cara dua masih gagal, close project kamu, kemudian copy project kamu ke folder lain di explorer. Lokasi project bisa dilihat di properties, dengan cara klik kanan project dan pilih properties.

- Jika cara ketiga gagal, coba cara terakhir, dengan pindah project kamu ke netbeans lain, dengan versi terbaru. Install netbeans dengan versi terbaru.

- Jika cara ke- empat masih gagal, coba cara terakhir dengan import project kamu di netbeans lain, dan komputer lain.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba....

6 comments:

  1. Cara yang terakhir itu seperti lari dari kenyataan hehhe

    ReplyDelete
  2. Di komputer lain dan di laptob lain bisa tapi di laptob saya tbtb aja gamau padahal kemaren baik baik aja. Erornya build build gt. Udah saya build malah tetep gamau-_-

    ReplyDelete
  3. Mksih Kka atass masukannya tpi punya saya masih ttp bgitu tdk ada hsil run jga ttp

    ReplyDelete
  4. Kak mau tanya kenapa ya kok gak bisa di run ketika aku mau ngerun ireport

    ReplyDelete

Propellerads

Popular Posts