Friday, June 9, 2017

Postingan ini saya peruntukkan buat para pemain eclipse, yang biasa menggunakan eclipse untuk membangun project website atau aplikasi mereka. Salah satu cara mengatasi masalah yang kadang muncul karena kondisi disaat pertama kali menjalankan progam website javanya yang berjalan di server  tomcat, yang biasanya untuk pengaturan pertama kali, eclipse akan meminta untuk memilih server yang akan di gunakan.

Seperti kasus yang baru saja saya alami, ketika ingin mencoba menjalankan “Hello World”pertama kalinya, eclipse akan otomatis masuk ke “run configuration” dan muncul menu untuk memilih jenis dan versi server. Seharusnya, hanya dengan cara memilih salah satu server lalu menekan tombol next di tombol bagian bawah, lalu mengisi beberapa informasi yang di butuhkan oleh eclipse,  web kita akan langsung Running di browser. Akan tetapi masalah ini kadang muncul disaat yang tidak tepat. Ketika saya memilih menggunakan Tomcat 7 seperti gambar di bawah ini.



Tombol next yang harusnya muncul, masih terdisable.

Bagaimana cara mengatasinya …?

1. Cara pertama, coba restart eclipse, kalo perlu restart komputer kamu.
2. Jika masih gagal, coba cara berikut ini .
-          Masuk ke folder “workspace” kamu, jika tidak tau lokasi “workspace” kamu, caranya dengan klik kanan salah satu project di eclipse kamu, pilih ” properties”, paling atas sendiri pilih “Recources”, lihat sebelah kanan ada “Location” , (di luar folder project ).

-          Jika sudah ketemu, buka foldernya  dan cari folder dengan nama “.metadata ” lalu masuk “.plugins” lalu “org.eclipse.core.runtime” lalu “.settings
Full pathnya : {workspace-directory}/.metadata/.plugins/org.eclipse.core.runtime/.settings

-          Lalu hapus 2 file di bawah ini.
1.       org.eclipse.wst.server.core.prefs
2.       org.eclipse.jst.server.tomcat.core.prefs files

-          Restart eclipse, kalo perlu restart komputer.

Jika kamu beruntung akan muncul tombol “Next” nya.


3.       Jika masih belum bisa, Install Ulang Eclipse.

Semoga bermanfaat ……

0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts