Friday, June 9, 2017

Untuk pemula seperti saya pasti sulit ketika berhadapan dengan Database yang sedang digunakan harus di migrasikan ke DBMS lain. Yang biasanya sudah mantap dengan pilihan dari awal, tetapi karena suatu alasan harus di lakukan migrasi database.

Awalnya saya menggunakan Mysql untuk database ini, kemudian saya berencana untuk berpindah ke database Postgre. Setelah konsul dengan mbak google saya menemukan jawaban untuk migrasi database dengan menggunakan pilihan tools yang dapat di gunakan, tetapi semua tools yang disediakan di internet semua berbayar, dan rasanya sangat rugi sekali jika hanya di gunakan satu atau dua kali migrasi database dan harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan tools tersebut.
Setelah beberapa kali kunsul lagi,

Ketemu juga cara yang mungkin beresiko, dan sedikit rumit , tapi akhirnya berhasil.


Langkah – langkah yang harus di tempuh.

1. Siapkan file backup atau file.sql dari mysql, saya menggunakan PhpMyAdmin



2. kemudian, buka penyedia jasa convert online. atur Source dan Targetnya. fitur yang dimiliknya lumayan lengkap, ada (Oracle,IBM DB2, Microsoft SQLserver, Sybase ACE, Sybase SQL Anyware, Mysql, Postgre, dll )

2.        

4. kemudian copy script query dari file.sql tadi , dan paste di form Source, lalu tekan tombol Convert.


5. tunggu sampai proses selesai, sampai muncul hasil convert di form target sebelah kanan, 


6. Ambil query hasilnya,  dan jalankan di postgre...

selamat mencoba...

0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts