Friday, June 9, 2017

Cara membuat file database di Android yang telah di root menggunakan Command Prompt Windows.
Kembali saya tulis cara2 sederhana yang masih di butuhkan ketika saya masih berkecimpung di dunia Android dan pemrograman. Sebagai blog catatan pribadi jika nanti saya lupa karena semakin hari semakin banyak yang di pelajari dan juga sebagai bahan sharing kepada siapa saja yang mempir di blog ini.  

Cara untuk mengakses database di hp android kita menggunakan command prompt. Mungkin ada banyak cara lainnya di luar sana yang lebih mudah. Dan lebih praktis, tapi cara ini saya gunakan karena alsan tersendiri. Pada kusus ini saya ingin mengambil database pada program yang sudah saya jalankan di eclipse yang terhubung ke Gadget android saya sebagai alat tester program.
Program yang sudah otomatis meng-create database berbentuk SQLITE dapat kita lihat pada eclipse di dalam DDMS - Eclipse File Explorer -  (folder /data/data/package.name/ database /) . jika kita menggunakan emulator sebagai pengganti Gadget Android sebagai tester program.

Jika kalian menggunakan Gadget Android, ada syarat yang harus di penuhi jika ingin membuka folder system dan juga melihat isi database pada folder kamu yang secara default terkunci oleh sistem operasi, yaitu dengan cara Sistem Operasi Android kamu harus sudah di Root / Crack. Tanpa di Root kamu tidak bisa menggunakan cara ini.

Kemudian siapkan semua kebutuhan, nyalakan eclipse, sambungkan android ke komputer melalui kabel data, jangan lupa nyalakan USB Debugging, dan pastikan Device kamu sudah terdetect ke komputer kamu, jika belum kamu harus install driver USBnya. Jika sudah jalankan contoh program kamu, yang pastinya sudah mencreate database pada program kamu, jika sudah di jalankan, masuk ke DDMS  kemudian cari File Explorer, File Explorer akan membukan Folder – folder isi dari pada Device kamu.

Lokasi database program kamu ada di folder "/data"

Masuk lagi ke folder "/data"

Kemudian cari folder yang bermana package project kamu "Ex : com.app.android.demo"

Kemudian buka folder "database"

Naah database kamu ada di dalam situ.



Jika kamu tidak dapat masuk ke dalam folder – folder diatas sampai ke database kamu.  yang harus kamu lakukan adalah dengan cara membuat "Command Prompt / CMD"  , dan ketikkan "Adb Shell" enter.

Karena android kamu sudah di root, ketikkan lagi "su" enter.

Jika berhasil kamu bakal mengakses sebagai root. Lalu ketikkan :
Chmod 777 /data/data/nama.package.kamu/databases/namaDatabaseskamu.db
Lalu tekan enter.


Jika berhasil, kamu dapat membuat folder kamu seperti cara diatas dan mengekspor database kamu ke dari dalam folder Device. Dengan cara mengeklik tombol kecil yang terletak di pojok kanan atas.
Pilih lokasi folder untuk lokasi export database,


lalu ok.

Semoga bermanfaat...


0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts