Thursday, February 23, 2017

Sebagai seorang programmer atau seorang database admnistrator, pastinya pernah bertemu dengan data double, atau data yang memiliki value yang sama persis. Masalah ini pasti ditemukan untuk tabel yang tidak terpasang primary key atau unix id untuk tiap recordnya. Karena suatu alasan, kadang kita tidak  memasang primary key pada tabel tersebut, entah untuk proses pengetesan program atau alasan lainnya. Dan hasilnya kita akan bertemu dengan masalah data double.

Tanpa memiliki primary key atau unique value pada record, kita akan mendapatkan kesulitan untuk menghapus salah satu record pada tabel tersebut. menggunakan Script Query atau menggunakan GU Editornya. Yang kita dapatkan malah semua record yang double tersebut akan terhapus.

Berikut saya akan sharing sebuah trik sederhana, cara untuk menghapus salah satu record di dalam satu tabel yang memiliki record yang sama atau double.Mungkin ini trik lama, tetapi mungkin akan berguna untuk kalian yang masih dalam tahap belajar.

Pada contoh ini saya menggunakan database Mysql, jika kalian menggunakan database lain seperti Postgre, SQL Server, atau lainnya. Mungkin hanya berbeda untuk scriptnya saya, tetapi sama untuk penggunaan triknya.

Contoh :

saya mempunyai tabel "tb_temp", dengan ada beberapa record yang sama.



kemudian tambahkan satu column bernama "id_saya" type integer, auto_increment, dan set sebagai primary key. seperti di bawah ini.



Dan hasilnya seperti di bawah ini :



jika sudah mempunyai primary key, selanjutkan kita dapat menghapus salah satu record yang dobel. berdasarkan primary key tersebut.

Jika data yang dobel hanya sedikit, mungkin kita dapat menghapusnya saru persatu, tetapi akan jadi masalah jika data yang dobel berjumlah banyak, ratusan sampai ribuan record.

Untuk itu selanjutnya saya akan membahas cara menghapus record yang dobel secara keseluruhan dalam satu tabel, secara bersamaan dengan menyisakan 1 dari record yang dobel tersebut.

Masalah Selesai.. Sekian dan terimakasih

0 comments:

Post a Comment

Propellerads

Popular Posts